9300 Peserta Tes CPNSD Muratara Bersaing

KAYU ARA – Penantian peserta tes CPNSD Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) mengikuti Tes Kemampuan Dasar (TKD) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT), tercapai. Hari ini, Jumat (5/12) akan dimulai pelaksanaan tes CPNSD untuk Kabupaten Muratara formasi 2014 diikuti 9.300 peserta. Tempat tes akan berlangsung di SMK Negeri 2 Kota Lubuklinggau, Jalan Garuda Kelurahan Bandung Ujung, Kecamatan Lubuklinggau Barat I.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Lubuklinggau, H Ikhsan Roni melalui Sekretaris, Purnomo menjelaskan tes akan dimulai pukul 08.00 WIB dengan teknis tes hampir sama pada saat tes CPNSD Kota Lubuklinggau.

"Teknis pelaksanaan hampir sama seperti tes CPNSD Kota Lubuklinggau berlangsung selama tiga hari mulai Jumat-Minggu (5-7/12). Dalam satu hari akan ada lima season diikuti 600 peserta, sehingga direncanakan dalam satu season akan diikuti 120 peserta," terang Purnomo kepada Linggau Pos, Kamis (4/12).

    Ia menyatakan pengecekan komputer, server hingga Air Conditioner (AC) di dalam ruangan tes sudah dilakukan seminggu sebelum tes dimulai. Purnomo menyatakan memang sempat ada kendala beberapa unit komputer macet lantaran kondisi ruangan kurang dingin. Sehingga pihaknya telah melakukan penambahan AC.

    "Kita sudah cek semua perlengkapan dan 200 unit komputer sudah siap digunakan besok (hari ini, red) ditambah 50 unit komputer sebagai cadangan. Kita sudah melakukan penambahan AC sebanyak 2 unit. Insya Allah tidak ada lagi komputer yang macet pada saat tes berlangsung," ungkap Purnomo.

    Mengenai petugas pelaksana tes, ia menyatakan sama halnya dengan Kota Lubuklinggau semua diserahkan kepada pihak Kantor Regional VII BKN Palembang. Namun, tetap dibantu Bagian Kepegawaian Kabupaten Muratara.

"Karena keterbatasan tenaga kepegawaian dari Kabupaten Muratara, kita BKD Kota Lubuklinggau diminta bantuan dan sudah kita siapkan 10 orang dari BKD Kota Lubuklinggau agar ikut membantu," jelas Purnomo.

*Hasil Tes Wawancara CPNSD Dikirim ke Panselnas

    Selain hal di atas, Purnomo juga menyatakan mengenai tes lanjutan CPNSD Kota Lubuklinggau akan diikuti 422 peserta dilaksanakan oleh BKD Kota Lubuklinggau. Tes ini berlangsung selama tiga hari pada Selasa-Kamis (8-10/12).

    Tes akan dilaksanakan di gedung Badan Pendidikan dan Pelatihan (Bandiklat) Kota Lubuklinggau, mulai pukul 07.30 WIB hingga  selesai oleh tim Independen dari Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang.

    "Tes wawancara rencananya akan dilaksanakan oleh 10 orang dari tim independen dibantu dari pegawai BKD sebanyak 5 orang. Tahapan tes mesti dilakukan yakni peserta melewati ada dua tahap. Pertama tes tertulis mengenai psikologi lanjutan dan tes wawancara dari tim independen," papar Purnomo.

    Mengenai hasil tes, Purnomo menegaskan semuanya dilakukan oleh tim Independen.

    "Mulai dari soal hingga kriteria penilaian saat tes wawancara. Semua wewenang dari tim independen dan hasilnya langsung dikirimkan ke Panselnas. Sehingga Panselnas berhak menentukan siapa akan lulus tes tahap kedua. BKD hanya menunggu hasil kelulusan dan dilaporkan ke Walikota Lubuklinggu agar segera dikeluarkan Surat Keputusan (SK)," tegasnya.(16)

Share This Post