Dinsos Mura Terapkan SLRT

Musi Rawas, – Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) merupakan program Kementerian Sosial yang bertujuan mempermudah akses warga miskin terhadap program pelayanan perlindungan sosial. Sistim layanan yang berdasarkan pedoman umum pelaksanaan SLRT Peraturan Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Nomor 577/DYS.3/KPTS/10/2016.

Dinas Sosial Kabupaten Musi Rawas (Mura) telah merealisasikan program tersebut sejak tahun 2017 lalu, yang mana saat itu sudah terwujud untuk dua desa yang ditunjuk langsung dari pusat yakni, Desa Gunung Kembang Baru dan Mekar Jaya Kecamatan BTS Ulu.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Sosial Mura melalui Kasi Identifikasi dan Penguatan Kapasitas, Anggraeni Tri Wahyuni saat dijumpai diruangan kerjanya, Jum at (29/06).

Saat ini ujar Anggraeni, diusahakan untuk setiap desa program pelayanan tersebut sudah ada sekretariat Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) melalui Anggaran Dana Desa (ADD) di setiap Desa masing-masing.

Sedangkan bentuk pelayanan di Dinsos yakni memberikan rujukan kepada masyarakat yang mengusulkan dan mempunyai keluhan seperti, masyarakat yang belum punya KIS atau kartu KIS nya tidak bisa dipakai, Surat Keterangan Tidak Mampu, Program Keluarga Harapan (PKH) belum cair atau ada pendamping yang memotong, dan Kartu Indonesia Pintar ( KIP) yang belum cair bisa menyampaikan langsung ke Dinas Sosial Kabupaten Musi Rawas, tutupnya. (And)