Tuesday , 2 September 2014
Jurnal Utama
Test Darah, Deteksi Virus HIV

Test Darah, Deteksi Virus HIV

LUBUKLINGGAU, Jurnalindependen.com – Upaya menekan dan memutus mata rantai penyakit menular terutama HIV/AIDS diperlukan kesungguhan agar penularan penyakit tersebut dapat diketahui  dan segera di antisipasi.

Upaya mendeteksi penyakit tersebut, Pemkot Lubuklinggau melalui Dinas Kesehatan lakukan pemeriksaan darah di RT. 07 Kel Sumber Agung, Lubuklinggau Utara I, Selasa (10/12).

Pemeriksaan yang melibatkan LSM Intelijen Kontrol Pembangunan Indonesia (IKPI) sebagai penjangkau dari Voulunter Counseling and Testing HIV/AIDS RS Siti ‘Aisyah Lubuklinggau dilakukan mulai pukul 09.00 WIB hingga 13.30 WIB.

Setidaknya ada lebih dari 50 wanita pekerja seks (WPS) yang diambil sampel darahnya, dari pemeriksaan awal belum ditemukan inveksi virus HIV maupun Spilis.

Kepada wartawan, Case Manager, S Parman menyampaikan bahwa pemeriksaan darah untuk mendeteksi penyakit HIV/AIDS rutin dilakukan ditempat yang dianggap resiko tinggi bagi penyebaran virus tersebut.

Sampai saat ini menurut Parman sepanjang tahun 2013 dari hasil pemeriksaan belum ditemukan dari kelompok risti yang tertular virus HIV/AIDS. Diharapkan memang begitu karena penyakit ini belum ada obatnya, yang ada semacam obat penahan ARV.

“Proses pasien yang tertular virus HIV bila tidak diberikan obat ARV, akan berlanjut proses ke AIDS setelah 6 – 8 tahun hingga 10 tahun namun bila mengonsumsi obat ARV disertai sugesti dan semangat untuk sembuh, maka seumur hidup akan tetap dalam status HIV tidak ke AIDS.

Walaupun demikian resiko penularan virus HIV tetap ada jika sipenderita melakukan kontak yang berisiko,” katanya.

Menurut Parman, kontak yang berisiko melalui hubungan seks, sama-sama memakai jarum suntik, ASI dari ibu yang tertular termasuk juga transfusi darah dari pendonor yang tertular virus HIV.

“Rencana besok, kata Parman pemeriksaan akan dilanjutkan ke Lapas Sidorejo untuk para Napi,” tutupnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Protected by WP Anti Spam
Scroll To Top