300 Ekor Sapi Mati Karena Virus Jembrana di Musi Rawas

MUSI RAWAS, Jurnalindependen.com – Hingga kini sebanyak 300 ekor lebih Sapi di Musi Rawas mati karena terjangkit virus jembrana, kejadian ini berlangsung sejak November tahun lalu.

Menghadapi masalah ini, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Musi Rawas terus menggelar gerakan vaksinasi jembrana untuk mencegah meluasnya virus mematikan ini.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan melalui Sekretarismya, Tohirin mengatakan, Senin (12/03) dikantornya bahwa belum ada obat untuk menyembuhkan sapi yang sudah terjangkit virus Jembrana.

“Virus Jembrana ini menyerang kekebalan tubuh sapi sama halnya seperti virus HIV bagi manusia.

Virus ini sudah menyebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Musi Rawas. Yang sudah di vasinasi untuk pencegahan sudah mencapai 5 ribu ekor dari 22 ribu populasi sapi,” ungkap Tohirin.

Banyak peternak Sapi khawatir, lanjut Tohirin sehingga permintaan vaksinasi Jembrana sangat tinggi. Karena tidak ada anggaran biaya vaksinasi ditanggung sendiri oleh peternak.

“Harapan kita pemerintah dapat membantu anggaran vaksinasi hingga seluruh populasi sapi dapat di vaksin guna pencegahan virus Jembrana,” harap Tohirin. (fsl)