Anggaran Pilkada Mura Lebih Rendah dari Pali

* Muratara Rp 20 Milyar

MUSI RAWAS,Jurnalindependen.com — Anggaran pemilihan umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Musi Rawas (Mura) yang disyahkan Rp 16,5 Milyar. Jumlah tersebut jauh lebih kecil dibandingkan dengan anggaran pilkada Kabupaten PALI yang mencapai Rp 25 Milyar. Dengan anggaran itu Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Musi Rawas (Mura) sedikit meradang. Mereka langsung melakukan koordinasi dengan DPPKAD, Asisten I Tata Pemerintahan dan DPRD Mura membicarakan penambahan anggaran.

Divisi Sosialisasi KPUD Mura, Dasril Ismail, mengakui bahwa anggaran Pilkada Mura sudah disyahkan Pemkab Mura sebesar Rp 16,5 milyar. Terus terang jumlah anggaran yang disyahkan tersebut tidak mencukupi walaupun pilkada dilaksanakan satu putaran. "Anggaran itu dinilai tidak mencukupi walaupun pilkada digelar satu putaran, "tegasnya.

Ditambahkannya jumlah anggaran yang disyahkan tersebut kalau dibandingkan dengan Kabupaten PALI sangat jauh. Kabupaten PALI dengan beberapa kecamatan anggaran pilkadanya Rp 25 milyar.

Sementara Kabupaten Mura dengan seratus lima puluh ribu pemilih dan 14 kecamatan anggarannya cuma Rp 16,5 milyar.

"Perbandingan itu sudah jelas bahwa anggaran pilkada Mura sangat minim tidak sesuai dengan wilayah yang luas,"paparnya.

Dengan minimnya anggaran tersebut KPUD Mura langsung melakukan koordinasi dengan DPRD Mura, Asisten I Tata Pemerintah dan DPPKAD. Tujuannya membicarakan masalah anggaran pemilukada.

"Kita sudah melakukan koordinasi dengan instansi terkait mengenai anggaran pemilukada,"paparnya.

Kenapa kita melakukan koordinasi karena anggaran yang sudah disyahkan dinilai belum mencukupi, untuk honor TPS, PPS dan PPK di 14 kecamatan.

Masih menurutnya idealnya anggaran pilkada Mura Rp 35 milyar. Jumlah tersebut dirasa mencukupi apalagi ada uji publik atau debat publik.

* Muratara Rp 20 Milyar

Sementara itu untuk pemilukada Muratara hasil koordinasi KPUD Mura dengan Pemkab Muratara, untuk anggaran pemilukada mereka sudah mensyahkan anggaran Rp 20 milyar. Dana tersebut sudah tersimpan di Kesbangpolinmas.

Dikatakan Dasril, dana yang dipersiapkan tersebut belum ditambah dari Pemkab Mura Rp 5 milyar dan Pemprov Sumsel Rp 7,5 milyar. " Berdasarkan Undang-Undang bahwa Pemkab Mura membantu hibah dana untuk pilkada di daerah pemekaran Rp 5 milyar dan Provinsi Rp 7,5 milyar. Kalau Muratara tidak menjadi masalah,"tegasnya.. (One)

Share This Post