APH Diminta Selidiki Dugaan Penyimpangan Anggaran Disbun Mura

APH Diminta Selidiki Dugaan Penyimpangan Anggaran Disbun Mura

Musi Rawas Aparat penegak hukum (APH) diminta selidiki Anggaran di Dinas Perkebunan, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan. Pasalnya, kata Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Komite Peduli Pembangunan Daerah (KPPD), Fauzi Maulana, saat dibincangi belum lama ini, kalau dilihat dari data Perubahan Dokumen Pelaksanaan Anggarana (PDPA)KegiatanFasilitasi Kerjasama Regional, Nasional, Internasional, Penyediaan Hasil Produksi Pertanian, Perkebunan, Komplementer senilai 250 juta itu mestinya yang berangkat ke Malang, Jawa Timur, mestinya 15 orang, namun berbeda dengan apa yang dijelaskan oleh pihak Dinas Perkebunan.” Papar Fauzi.

Dikatakannya, sementara keterangan Kepala Dinas Perkebunan pada pihak media, yang berangkat menggunakan anggaran kegiatan itu Cuma 12 orang, pertanyaannya kemana anggaran sisa untuk tiga orang yang tidak berangkat?”, tanya Fauzi.

Selain itu, lanjut dia, apa benar dalam kegiatan itu peserta Penas menyewa mobil untuk mengikuti acara Penas. Kalau benar, apa mungkin seorang Menteri satu mobil dengan kepala dinas dengan menggunakan kendaraan sewaan?” kata Fauzi bertanya-tanya.

“Hah.. apa iya Menteri satu mobil dengan kepala dinas pakai kendaraan sewaan”. Tegas Fauzi.

Fauzi meminta, kepada aparat penegak hukum untuk menyelidiki anggaran di Dinas Perkebunan Musi Rawas, khususnya untuk kegiatan Penas ke Malang, Jawa Timur, tahun anggaran 2014 lalu, kalau ditemukan ada penyimpangan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, harus ditindak lanjuti dan ditindak tegas, karena setiap kegiatan pemerintah Nota Bene nya menggunakan uang rakyat yang harus dipertanggung jawabkan.”Pinta Fauzi.

Diedisi sebelumnya, Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Musi Rawas, Ramdani Lubis, mengatakan, keberangkatan peserta Penas ke Malang saat itu sudah melebihi Volume, yang berangkat 12 orang, tetapi karena ada yang bawa istri dan bawa anak, sehingga yang berangkat saat itu 19 orang, 12 orang menggunakan anggaran kegiatan itu, selebihnya 7 orang pakai biaya sendiri”,katanya.

Masih menurut Ramdani, dalam kegiatan itu, peserta Penas menyewa mobil untuk mengikuti Penas tersebut. “saat itu saya sendiri bersama Menteri menaiki mobil yang kami sewa”, kata Ramdani. (Sul)

Share This Post