Asisten III Buka Sosialisasi Pengarustamaan Gender

Asisten III Buka Sosialisasi Pengarustamaan Gender
Pembukaan Sosialisasi Pengarustamaan Gender-Jurnalindependen
Pembukaan Sosialisasi Pengarustamaan Gender-Jurnalindependen
Peserta Sosialisasi Pengarustamaan Gender-Jurnalindependen
Peserta Sosialisasi Pengarustamaan Gender-Jurnalindependen
Peserta Sosialisasi Pengarustamaan Gender2-Jurnalindependen
Peserta Sosialisasi Pengarustamaan Gender2-Jurnalindependen

MUSIRAWAS, Jurnalindependen.com – Asisten III Bidang Kesra dan Keuangan Drs. Edi Iswanto mewakili Bupati Musi Rawas Ridwan Mukti membuka acara Sosialisasi Pengarustamaan Gender, Senin (13/04/2015) bertempat di Ball Room Hotel Sempurna Kota lubuk Linggau, Sumatera Selatan.

Kegiataan tersebut dihadiri oleh Asisten III Drs. Edi Iswanto , Nara sumber dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Usman Masuni, Para peserta Sosialisasi dari lingkungan Pemkab. Musi Rawas.

Bupati Kabupaten Musi Rawas Ridwan Mukti dalam kata sambutannya yang disampaikan  oleh Asisten III Bidang Kesra dan Keuangan Drs. Edi Iswanto sekaligus membuka acara Sosialisasi  Pengarustamaan Gender menyampaikan  agar Sosialisasi ini bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi peserta tentang pedoman pengarustamaan gender dalam Pemberdayaan, Kesejahteraan, Peningkatan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia bagi perempuan di daerah.

“Pelaksanaan Sosialisasi ini tentunya memiliki peran yang sangat penting dalam rangka memberi  pedoman kepada  pemerintah daerah, Lembaga social masyarakat dalam pelaksanaan pengarustamaan gender yang diharapkan,“ jelasnya.

Lebih lanjut  Edi Iswanto memaparkan bahwa pengarustamaan gender didaerah bertujuan untuk mewujudkan kesetaraan gender bagi perempuan untuk memperoleh kesempatan dan hak haknya sebagai manusia agar mampu berperan serta berpartisipasi dalam berbagai kegiataan pembangunan dan kesamaan dalam menikmati hasil hasil pembangunan.

“Pengarustamaan gender  merupakan suatu strategi yang dilakukan secara rasioanal dan sistimatis untuk mencapai dan mewujudkan kesetaraan juga keadilan gender dalam sejumlah aspek kehidupan manusia  melalui kebijakaan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi kebutuhan, permasalahan perempuan dan laki laki kedalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan serta evaluasi dari seluruh kebijakaan.

Diharapkan dengan adanya Sosialisasi ini peserta mempunyai rasa  tanggung jawab untuk mewujudkan pelaksanaan pengarustamaan gender dalam rangka mendukung suksesnya pembangunan Kabupaten Musi Rawas secara umum sekaligus sebagai upaya kita menuju ‘Musi Rawas Darussalam’,“ harapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Musi  Rawas mengatakan Pelaksanaan Sosialisasi Pengarustamaan Gender dilingkungan pemerintah kabupaten Musi Rawas tahun 2015 bertujuan untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender sehingga antara perempuan dan laki laki mempunyai hak dan kewajiban  yang sama.

“Selain meningkatkan penguatan koordinasi antar SKPD dalam pelaksanaan pengarustamaan gender juga terselenggaranya perencanaan, penyusunan. pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi atas kebijakaan dan program pembangunan yang berperspektif gender,“ katanya.

Pelaksanaan sosialisasi pengarustamaan gender dilaksanakan selama dua hari serta diikuti oleh  75 orang yang terdiri dari Kepala Bidang/Kepala Seksi dan Staf Bidang Perencanaan / Program SKPD  Se Kabupaten Musi Rawas,  pungkas Rosmiati selaku Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan. (Adv-Asrul).

Share This Post