Cabai Pengaruhi Tingkat Inflasi Lubuklinggau

Cabai Pengaruhi Tingkat Inflasi Lubuklinggau

LUBUKLINGGAU –  Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Lubuklinggau mencatat angka Inflasi sampai bulan November 2014 berada di angka 2,07 persen. Tercatat lonjakan harga terekstrim terjadi pada komoditas cabai rawit yang mengalami persentase perubahan harga sebesar 83,45 persen dan cabai merah sebesar 41,3 persen.

Kepala BPS Lubuklinggau Aldi menerangkan, kenaikan tingkat inflasi di kota Lubuklinggau hampir sama pengaruhnya di Palembang, tercatat juga cabai rawit mengalami persentase perubahan harga sebesar 75 persen, diantaranya cabai merah sebesar 92,98 persen dan cabai hijau 45 persen.

"Di Lubuklinggau komoditas yang mengalami kenaikan harga dengan andil inflasi tertinggi adalah cabai merah, bensin dan beras. Sedangkan komoditas yang mengalami penurunan harga dengan andil deflasi tertinggi antara lain tomat sayur, bayam, dan kentang," ujarnya kepada Tribunsumsel.com, Jumat (12/12/2014).

Dia menambahkan, kenaikan tingkat inflasi yang cukup tinggi disebabkan pengaruh harga bahan bakar minyak (BBM) yang diindikasikan bahwa kebijakan kenaikan harga BBM pada bulan November berpengaruh signifikan dalam peningkatan harga komoditas.

Share This Post