Diduga Ada Oknum Lakukan Sambungan listrik RT Tanpa Meteran di Sembatu Jaya

Diduga Ada Oknum Lakukan Sambungan listrik RT Tanpa Meteran di Sembatu Jaya

MUSIRAWAS, Jurnalindependen.com — Info yang diterima ada beberapa desa di Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan yang melakukan pemasangan listrik ke rumah tangga tanpa meteran. Desa-desa tersebut diantaranya Desa SP 1 Sembatu Jaya, SP 3 hingga SP 5, pemasangan dilakukan oknum dengan mengambil aliran listrik dari tiang ke rumah tangga warga, ungkap suatu sumber yang tidak mau disebutkan namanya, pagi tadi, Rabu (21/01/2015) di Agropolitan Centre Muara Beliti.

Belum diketahui pasti oknum yang lakukan pemasangan tersebut apakah dari pihak PLN atau Instalatir rekanan, karena tidak mungkin warga berani melakukan pemasangan jalur aliran listrik, mengingat arus stroom listrik yang kuat.

Ketua Forum Masyarakat Transmigrasi Bersatu (FMTB), Juanda mengatakan tidak mungkin perbuatan tersebut dilakukan warga karena jelas mereka tidak berani. "Warga tidak akan berani melakukan itu, oknum tersebut bisa jadi dari pegawai PLN atau rekanan Instalatir. Itu sangat berbahaya bagi rumah tangga tersebut karena jelas skring atau penyaring arus kuat tidak ada dan dapat menyebabkan kebakaran jika ada arus pendek.

Kemudian dengan tidak adanya meteran atau data pemakaian watt telah merugikan negara, mereka tidak dapat membayar karena tidak ada ukuran batas pembayaran watt, atau bisa saja mereka membayar ke oknum yang menyambungkan arus atau stroom," duga Juanda.

Sementara itu, Manager PLN Muara Beliti ketika akan dimintai keterangan terhadap temuan ini dikantornya sedang tidak berada ditempat, stafnya mengatakan Beliau lagi ke Palembang. Demikian juga Supervisornya lagi dinas luar ke Kecamatan Jayaloka. (fs)

Share This Post