Geliat Usaha Batu Cincin di Baturaja

Geliat Usaha Batu Cincin di Baturaja

BATURAJA, Jurnalindependen.com — A. Faher (41) – Salah satu pengrajin batu cincin yang  tinggal di Cemara, Kel. Kemala Raja, Kec.Baturaja Timur, membuka usaha dikediamannya sudah lebih kurang 1 tahun ini, saat disambangi wartawan, Jum'at (19/12/2014), adapun jenis usaha yang dilakukan adalah asah batu, jual batu cincin dan bermacam-macam kerangka cincin.

Upah asah batu dipatok dengan harga Rp.15.000/batu dalam berbagai bentuk yang diinginkan para penggemar batu. Selain itu Usaha Asah batu Fahiir Cemara juga menawarkan kepada pengunjung/pemesan yang mengasah batu cincin kepadanya. Bermacam-macam batu yang ditawarkannya, yang paling laris lavender, sunakiss, spritus, sulaiman, badar perak badar lumut.

Usaha dengan menempati rumah bagian depan cukup utk menghidupi keluarga dan anak-anak sekolah.
Harga asah batu di Baturaja menurut Faher termasuk paling murah dari daerah lain seperti di Muaraenim Rp.35.000,-/batu, Pagaralam Rp.40.000,-, bahkan Lubuk Linggau hingga mencapai Rp.50.000,-

Usaha asah batu cincin ini sudah agak menurun dari para pemesan ataupun pembeli, Faher mengaku pesanan sudah agak menurun belakangan ini dari awalnya sekitar 3 atau 4 tahun lalu masih laku keras, sedangkan fahiir baru buka setahun lalu. Batu dari daerah Baturaja memang lebih berkualitas dan lebih keras serta tidak rapuh dibanding batu dari daerah lain.

Di Baturaaja sendiri para pencinta batu untuk mendapatakan batu yang berkualitas dapat menyewa area lahan  melakukan penggalian untuk mencari batu.

Sewa tanah tersebut berkisar Rp.100.000, s/d- Rp.250.000,- permeter perhari. namun batu yang dicari bisa didapat atau tidak sama sekali. Dari cerita Fahiir maksimal penggalian 4 hingga 5 meter kedalaman, lewat itu tidak akan ada lagi. Penggalian tanah yg sudah disewa sifatnya untung2an. Bila dapat banyak kita untung jika tidak maka siap menerima rugi. Belum kalau mengupah orang lain yang mengaligali, mesti diupah tutur Fahiir.

Untuk wilayah Baturaja dan sekitarnya bagi pencinta batu akik atau pun sekedar untuk oleh oleh tidaklah begitu sulit untuk menemukan tempat usaha Fahiir dari Rama Yana sudah tampak merk “Pengrajin Batu Akik Fahiir Cemara”. F/Roli

Share This Post