Hasto Kristianto : Rakyat adalah Hakim Tertinggi, Tugas PDIP Selami Aspirasi Rakyat

Hasto Kristianto : Rakyat adalah Hakim Tertinggi, Tugas PDIP Selami Aspirasi Rakyat

PALEMBANG, Jurnalindependen.com — PDI Perjuangan memastikan agar jajaran partai di seluruh tingkatan siap bergotong royong dalam pemilihan kepala daerah (Pemilukada), karena ini bukan pemilu orang per orang. Demikian disampaikan Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristianto kepada wartawan, Rabu (13/05/2015) usai pembukaan Fit and Profer Test atau uji kelayakan dan kepatutan Bakal Calon Kepala Daerah di tiga Provinsi dari PDI Perjuangan di Hotel Aston Palembang.

Menurut dia, persiapan pilkada yang sangat penting memastikan agar jajaran partai di seluruh tingkatan siap bergotong royong, mengingat ini bukan pemilu orang per orang. Dengan konsolidasi partai sehingga dapat menggunakan momentum ini untuk menggerakkan seluruh kekuatan mesin partai agar menyatu dengan rakyat.

“Rakyat adalah hakim tertinggi yang menentukan pemimpin terbaiknya, sehingga tugas PDI Perjuangan untuk menyelami aspirasi masyarakat supaya menghasilkan pemimpin betul-betul mengakar dan mampu menjalankan misi kerakyatan partai.

PDI Perjuangan memberikan perhatian yang sangat serius dalam proses penjaringan para bakal calon kepala daerah ini melalui tahapan-tahapan usulan dari bawah,” tuturnya.

Hari ini merupakan penjaringan tahap pertama, lanjut Hasto Kristianto, setelah itu kami akan bekerja sama dengan himpunan ahli psikologis Indonesia agar betul-betul dapat mencari sosok pemimpin mampu memahami siapa rakyat dipimpinnya, dan mampu menggunakan kekuasaan politik dimilikinya untuk berpihak kepada wong cilik.

“Bagaimanapun kekuasaan itu harus dipakai sepenuhnya untuk membebaskan masyarakat dipimpinnya agar dari aspek-aspek kehidupan yang layak, kemampuan mendapatkan pekerjaan betul-betul dapat diperoleh melalui kekuasaan.

Kedaulatan pangan keberpihakan meningkatkan kemampuan petani dalam berproduksi menjadi pilihan bagi kami untuk menggunakan kekuasaan tersebut dengan sebaik-baiknya,” paparnya.

Sementara mengenai target PDI Perjuangan pada pilkada serentak Desember 2015, ia menyatakan, target sendiri tidak dapat disampaikan ke publik.

“Perlu diketahui kemenangan PDI Perjuangan bersama partai politik pengusung lainnya akan memperkuat pemerintahan Joko Widodo, sehingga dengan kemenangan Pilkada serentak tersebut kami pastikan mampu meningkatkan efektifitas pemerintahan dan koordinasi yang baik antara pemerintah pusat dan daerah. Itu yang kami janjikan,” jelasnya.

Sementara Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel, HM Giri Ramanda N Kiemas menambahkan, fit and proper test bakal calon kepala daerah ini meliputi tiga provinsi yakni Bengkulu, Lampung dan Sumatera Selatan.

Giri menambahkan, dipilihnya Sumsel sebagai tempat koordinasi persiapan proses penjaringan balon yang akan mengikuti fit and propertest, menurutnya karena lokasi yang efisien untuk menyatukan beberapa wilayah menjadi satu.

“Mengenai penjaringan  bakal calon kepala daerah di tujuh kabupaten di Sumsel yang melaksanakan pilkada serentak Desember mendatang, mulai hari ini dilakukan  tahapan fit and propertest di Kantor DPD PDI P,” terang keponakan Taufik Kiemas ini.

Selain kehadiran Sekjen DPP PDI P, Hasto Kristianto dari DPP PDI P hadir juga Wakil Bendahara Umum Bidang Internal: Rudiyanto Chen, Ketua Bidang Kehormatan Partai: Komarudin Watubun, Ketua Bidang Perekonomian: Hendrawan Supratikno, Ketua Bidang Pendidikan dan Kebudayaan: I Made Urip.

Dari Provinsi Bengkulu pengurus DPD PDI P yang hadir diantaranya Ketua DPD, Elva Hartati. Dari Provinsi Lampung diwakilik Sekretaris DPD PDI P, Mingrum Gumay.

Pada pembukaan itu hadir Bakal Calon Gubernur, seperti H Ridwan Mukti yang saat ini masih menjabat sebagai Bupati Musi Rawas, Sumatera Selatan dan lainnya. Demikian juga Bakal Calon Bupati dari Kabupaten yang ada dalam Provinsi Bengkulu, Lampung seperti dari Kabupaten Way Kanan, Lampung Tengah dan Metro.

Selanjutnya Bakal Calon Bupati dari dalam Provinsi Sumatera Selatan diantaranya dari Kabupaten PALI, OKU serta dari Kabupaten Musi Rawas seperti H Achmad Murtin dan dari Kabupaten Musi Rawas Utara, H Mohd Isa Sigit.

H Achmad Murtin yang sempat dibincangi mengatakan bahwa dirinya sudah siap untuk mengikuti Fit and Profer Test tersebut. “Pada prinsipnya kami siap mengikuti Fit and Profer Test ini. Bila dilihat dari Visi dan Misi kami sebagai Bakal Calon Bupati Musi Rawas, sama persis dengan apa yang disampaikan Sekjen DPP, Hasto Kristianto tadi. Kami optimis akan dapat dukungan penuh dari PDI Perjuangan,” kata Murtin. (fs)

Share This Post