Hati-Hati Lewat Jalinteng Bingin Jungut Longsor

Hati-Hati Lewat Jalinteng Bingin Jungut Longsor

MUSI RAWAS,Jurnalindependen.com — Pengendara sepeda motor maupun roda empat yang melintas di Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) Sekayu-Lubuklinggau melalui Desa Bingin Jungut, Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Musi Rawas (Mura) maupun sebaliknya  harus berhati-hati. Pasalnya disana jalannya longsor  sudah memakan 1/2 meter badan jalan. Tidak itu saja untuk mengantisipasi jangan sampai terjadi kecelakaan, disana sudah dipasang papan peringatan dan police line.

Pantauan dilapangan menyebutkan jalinteng yang ada di Desa Bingin Jungut letaknya memang disisi Sungai Lakitan. Sekitar 10 meter dari jalan longsor tersebut sudah diberi papan peringatan oleh masyarakat. Karena jalan yang longsor tersebut disisinya sudah dalam dan bergelombang. Ditakutkan kalau tidak diberi peringatan pengendara roda empat atau dua akan terjebak dan melompat ke sungai.

Seorang pengendara roda empat, Deddy, mengaku sangat terkejut dengan adanya jalan longsor diwilayah Desa Bingin Jungut, Kecamatan Muara Lakitan tersebut. Sebab ia tidak menyangka jalinteng di desa tersebut akan longsor.
"Saya terkejut ketika melintas disana ada papan pemberitahuan dan police line jalan longsor, mendadak memperlambat kendaraan,"paparnya.

Dikatakannya berdasarkan impormasi yang didapat jalan longsor tersebut sudah lama terjadi tetapi belum ada tanda-tanda akan diperbaiki. Kita takutkan longsor akan bertambah ketika memasuki musim penghujan ini.

"Masih sekitar setengah meter lah makan badan jalan, kalau hujan lagi longsor akan bertambah , karena tanah yang ada disekeliling daerah longsor lah ade yg tergerus,"jelasnya

Untuk itu bagi pengendara roda dua dan empat yang melintas disana terkhusus pada malam hari atau saat hujan harus berhati-hati dan kalau bisa memperlambat laju kendaraannya, untuk menghindari resiko kecelakaan.
"Berhati-hati dan memperlambat laju kendaraan supaya tidak terjebak ketika melintas disana,"pintanya.
Masih menurutnya, ia tidak mengetahui kewenangan siapa yang memperbaiki jalan tersebut. Yang jelas sebagai pengguna jalan berharap kepada Pemerintah Kabupaten Mura dan Provinsi supaya jalan tersebut segera diperbaiki

Hal senada dikatakan Amrul, bahwa jalan rusak bukan cuma di Desa Bingin Jungut saja tetapi ada beberapa titik. Tetapi jalan rusak tersebut tidak separah di Desa Bingin Jungut. "Kita berharap kepada pemerintah supaya secepatnya memperbaiki jalan tersebut supaya tidak bertambah parah,"pintanya.

Apalagi saat ini sudah memasuki musim penghujan, bukan tidak mungkin jalan yang rusak akan bertambah rusak dan yang longsor akan bertambah.

Sementara itu, Camat Muara Lakitan, Adi Winata, ketika dihubungi melalui ponselnya belum mengetahui jalan di Desa Bingit Jungut longsor.  (One)

Share This Post