Indonesia Perlu Belajar Pertanian pada Tiongkok

Indonesia Perlu Belajar Pertanian pada Tiongkok

PERTANIAN — Tiongkok sudah sangat maju. Kini, di setiap provinsi di Tiongkok memiliki akademi pertanian sendiri. Komoditas pertanian dibangun dari setiap provinsi dan masing-masing memiliki kekhasan sendiri.

Indonesia perlu banyak belajar dari sistem pertanian dari negeri tirai bambu tersebut. Penerapan teknologi pertanian harus pula ditularkan ke Indonesia yang kini sedang mencanangkan kembali swasembada beras.

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon usai menerima delegasi Parlemen Tiongkok, Jumat (4/12), mengatakan, Indonesia pantas mencontoh sistem pertanian Tiongkok. “Saya kira Tiongkok sangat mengedepankan ketahanan dan kedaulatan pangannya. Kita perlu belajar karena seperti disampaikan oleh Pan Yunhe (pemimpin delagasi parlemen Tiongkok), yang paling penting dalam pertanian adalah penggunaan teknologi.”

Teknologi pertanian, lanjut Fadli, bukan hanya mekanisasi pertaniannya, tetapi juga bibit, benih, pengairan, dan sebagainya. Ini yang seharusnya menjadi catatan penting bagi Indonesia. Pada bagian lain, Fadli menyatakan, kemajuan ekonomi Tiongkok luar biasa. Sekarang devaluasi yuan saja bisa menyebabkan rupiah melemah. Tiongkok sudah menjadi leader di kawasannya. (mh–DPR)

Share This Post