Muncul 20 Calon Terpilih Baru

Muncul 20 Calon Terpilih Baru

MUARA BELITI – KPU Kabupaten Musi Rawas (Mura) telah mengadakan rapat pleno terbuka KPU Mura tentang penataan dan pengisian anggota DPRD Kabupaten Mura dan DPRD Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) tahun 2014, Kamis (11/12).

Sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 33 Tahun 2014 tentang Penataan dan Pengisian DPRD Kabupaten Induk-Pemekaran, ditetapkan bahwa calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Mura yang sebelumnya 45 kursi menjadi 40 kursi, dan 15 kursi dari DPRD Mura dimekarkan ke DPRD Muratara dengan total kursi 25 kursi di DPRD Muratara.

   Sedangkan dari DPRD Kabupaten Mura dan DPRD Kabupaten Muratara untuk calon terpilih anggota DPRD-nya masing-masing ditambah 10 orang untuk mengisi kursi di DPRD Mura dan DPRD Muratara sesuai dengan jumlah penduduk di kedua wilayah.

   Untuk DPRD Mura, dari Dapil I adapun penambahan calon terpilih anggota DPRD Mura yang mengisi 10 kursi tambahan melengkapi komposisi 40 kursi, yang nantinya di DPRD Mura. Yaitu dari Partai Keadilan Sejahtera nomor urut Daftar Calon Terpilih (DCT) 1 Achmad Sahroni dengan suara sah 4.215 berada di peringkat IX.

   Dan dari Partai Demokrat nomor urut (DCT) 1 H Ismun Yahya dengan suara sah 2.660 berada di peringkat suara sah X.

    Dapil II, dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) nomor DCT 1 calon terpilih anggota DPRD Mura Iwan Susanto dengan suara sah 2.989 peringkat suara sah X dan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) nomor urut DCT 4, Rudi Hartono jumlah suara sah 2.629 peringkat suara sah XI.

    Kegiatan digelar di Gedung Serbaguna, Kecamatan Muara Beliti berlangsung 2 jam sejak pukul 09.00 WIB  menentukan juga calon terpilih anggota DPRD Mura untuk Dapil III dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) nomor urut DCT 1, Richardo dengan suara sah 4.443 peringkat suara sah VII, Partai Golongan Karya (Golkar) nomor urut DCT 2, Samsul Bahri dengan suara sah 3213 peringkat suara sah IX, dan Partai Demokrat nomor urut DCT 1, Siswantora suara sah 3.324 berada di peringkat suara VIII.

    Dari Dapil IV calon terpilih DPRD Mura bertambah tiga orang, diantaranya dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) nomor urut DCT 1 In Sugiarto suara sah 3.695 peringkat suara sah IX, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) nomor urut DCT 1 A Rasip suara sah 3.791 peringkat VIII suara sah, dan dari PDIP nomor urut DCT 6 Mulyadi suara sah 3.482 peringkat suara sah X.

    Sedangkan 10 orang yang akan mengisi kursi sebagai calon terpilih anggota DPRD Muratara diantaranya dari Dapil I dan II, adalah Dapil I berasal dari Partai Demokrat nomor urut DCT 1 Muhammad Ruslan dengan suara sah 4.135 peringkat VIII suara sah, dari PPP nomor urut DCT 2 H Idil Wahyudin Noor dengan suara sah 3.880 peringkat IX, Partai Bulan Bintang (PBB) nomor urut DCT 1, H Anang Supri suara sah 3.522 peringkat X suara sah, Partai Hanura nomor urut DCT 1, Edi Sukamto suara sah 3422 peringkat XI dan dari PKB nomor urut DCT 1, Bakri suara sah 2.506 peringkat XII.

    Pada Dapil II Kabupaten Muratara diantaranya PBB nomor urut DCT 1 Suyadi 4244 suara sah, peringkat IX, PPP nomor urut DCT 8 Muhamad Hadi suara sah 3761 peringkat suara X, Gerindra nomor urut DCT 2 Dodoi Kana suara sah 3281 peringkat XI, PKPI nomor urut DCT 1 Arjuna Jipri suara sah 2.467 peringkat suara XII, dan PAN nomor urut DCT 4 Pahirin Askad dengan suara sah 1.715 peringkat XIII suara sah.

   Ketua KPU Kabupaten Musi Rawas, Ach Zaein  kepada Linggau Pos, kemarin menjelaskan setelah dilakukan penetapan ini pihaknya akan menyampaikan kepada KPU Sumsel untuk dikoreksi. Selanjutnya diteruskan kepada Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin melalui Bupati Mura, H Ridwan Mukti dan tembusan ke Penjabat Bupati Muratara, M Ali.

    "Setelah diterima SK dari Gubernur Sumsel dilakukan pengumuman ke masyarakat di tempat-tempat yang mudah dijangkau masyarakat dijadwalkan akan dilakukan pada 25-31 Desember 2014," kata Ach Zaein didampingi Divisi Sosialisasi Dasril Ismail.

    Turut hadir dalam rapat pleno tersebut, Ketua Panwaslu Mura, Agus Salim, Bawaslu Sumsel Kurniawan, Ketua Sementara DPRD Kabupaten Musi Rawas, Yudi Fratama, Kepala Kesbangpol Mura Nawawi, dan seluruh komisioner KPU Kabupaten Mura, serta puluhan aparata kepolisian dan Sat Pol PP Muratara berjaga-jaga di sekitar lokasi. (03)

Share This Post