Pabrik Semen Baturaja Kembali Mengeluarkan Debu

Pabrik Semen Baturaja Kembali Mengeluarkan Debu

BATURAJA, Jurnalindependen.com — Pencemaran udara berupa debu dari pabrik semen yang ada di Baturaja -OKU, masih menjadi keluhan masyarakat sektiar. Hal ini terbukti dari  pantauan  jurnalindependen.com pada Minggu malam 14 Nopember 2014 saat melintas ditaman kota yang menjadi pavorit warga Baturaja dan sekitranya sangat terasa bahkan terlihat debu putih berterbangan pada malam hari sehingga sampai menyakitkan mata terutama untuk pengendara sepeda motor karena debu kasar yang menggangu pandangan mata.

Dari keterangan warga yang bernama Hamdan (40) menuturkan kondisi udara berdebu ini sangat membuatnya tidak nyaman. Walaupun saya jarang keluar pada malam hari namun pada pagi harinya semua terlihat putih seperti pada tempat tempat duduk untuk santai yang ada ditaman kota tuturnya. “Coba bapak lihat pada dedaunan itu ! putehkan (putihkan) katanya dengan logat asli bahasa daerah. Harapannya agar kondisi ini cepat berlalu sehingga membuat kita semua nyaman".

Sebetulnya warga Baturaja untuk beberapa bulan ini sudah merasa nyamaman karena sudah terbebas dari kiriman debu semen Baturaja, namun sepertinya akan kembali lagi menikmati polusi dari debu semen yang diduga sengaja dikeluarkan pada malam hari apalagi saat Kota Baturaja di guyur hujan.

Terkait hal penyebab bocornya belum diketahui dan kapan normal kembali, masih menunggu konfirmasi lanjut. Rf

Share This Post