Sisi Lemah Forum CSR MURA Terletak Pada Persentase & Koordinasi Anggota

Sisi Lemah Forum CSR MURA Terletak Pada Persentase & Koordinasi Anggota

MUSIRAWAS, Jurnalindependen.com — Sisi lemah dari Program Corporate Social Responsibility (CSR) adalah tidak ada penentuan besaran persentase nilai keuntungan perusahaan.

Selain itu, tidak ada dasar hukum yang kuat untuk mengatur perusahaan di Kabupaten Musi Rawas, Sumsel yang tidak taat kepada ketentuan Forum CSR yang menghimpun seluruh perusahaan.
Seperti yang disampaikan Sekretaris Forum CSR Kabupaten Musi Rawas, Herman kepada wartawan, Selasa (02/02/2016) bahwa kapasitas pemerintah dalam Forum hanya memfasilitasi dan koordinasi. 

Dasar hukum pengenaan CSR ada menurut Herman, namun besaran persentase yang tidak. Sehingga sulit untuk menentukan nilai anggaran yang mesti di alokasikan untuk program ini.

“Alokasi dana CSR dianggarkan pada masing-masing perusahaan sesuai kesanggupan. Dalam mengelola dan alokasi dana semua dilakukan perusahaan sebagai anggota forum.

Dana dari mereka, penggunaan dari mereka, kami pihak sekretariat sebatas koordinasi dan fasilitasi agar jangan sampai tumpang tindih dengan proyek APBD,” kata Herman yang merupakan Sekretaris Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Izin Terpadu (BPMPT) Kabupaten Musi Rawas.

Ia juga mengatakan bahwa yang menjadi persoalan tidak semua anggota forum selalu koordinasi, hanya perusahaan migas selama ini koordinasi sehingga mudah kita pantau. Harapan kita bila semua dapat koordinasi maka penyebaran alokasi dana dapat merata di seluruh wilayah.

“Kita tidak menidakkan perusahaan non migas memenuhi kewajiban CSR, mungkin mereka lakukan, masalahnya kita tidak tahu karena tidak ada laporannya,” kata Herman.

Kita juga tidak bisa memaksakan mengenai ini, lanjut Herman apalagi menetapkan sepihak, bisa di PTUN-kan mereka. Dan itu yang pernah terjadi di pulau jawa, karena perusahaan advokasinya kuat, jadi harus ada rembukan dan studi kelayakan pihak ke 3 dari perguruan tinggi.

Memang ada saran dari pihak BPKP agar dana CSR diarahkan ke program Pamsimas, nanti akan kita bahas bersama forum. (fs)

Share This Post