Sumber Dana Untuk Menjadi Aset Daerah Harus Jelas

Sumber Dana Untuk Menjadi Aset Daerah Harus Jelas

MUSI RAWAS, Jurnalindependen.com – Sebelum barang atau benda menjadi aset daerah tentu melalui proses dan asalnya. Sebelum pencatatan atau inventarisir barang harus jelas sumbernya dari mana, ungkap Kepala DPPKAD Kabupaten Musi Rawas melalui Kabid Aset Daerah, Komarudin saat dibincangi, Senin (25/01/2016) dikantornya.

Menurut Komarudin sumber dari aset daerah bisa berasal dari belanja melalui APBD tahun bersangkutan, selain itu hibah dari belanja Pemerintah Pusat atau Pemerintah Provinsi. Sumber aset dapat juga berasal dari hibah pihak ketiga baik itu perusahaan/lembaga non pemerintah atau masyarakat.

“Tugas kita disini hanya kompilasi atau mencatat baik jumlah aset serta nilai aset serta keberadaan aset tersebut. Memang idealnya dokumen aslinya ada disini sedangkan fotokopinya bisa disimpan pada SKPD terkait yang menaungi.

Namun bila ada pembangunan gedung (umpamanya, red) tanpa diketahui jelas sumber dananya dari mana, tentu akan kesulitan untuk masuk daftar inventaris. Maaf masalah itu kami tidak bisa komentar,” kata Komarudin.

Komarudin juga mengecualikan masalah aset desa, mestinya aset tingkat desa dimiliki oleh desa tersebut, seperti tanah bengkok dan lainnya. Demikian juga aset lainnya, walau Pemkab Musi Rawas yang membangun maka ada penyerahan atau hibah ke Pemerintah Desa melalui Berita Acara dan akan ada penghapusan aset di tingkat Kabupaten. Hal tersebut karena desa sudah ada otonomi pemerintahan. (fs)

Share This Post