Syaiful Ibna : Forum CSR Wadah Koordinasi Perusahaan ke Pemerintah

MUSIRAWAS, Jurnalindependen.com — Dengan program Corporate Social Responsibility (CSR) diharapkan perusahaan dapat melaksanakan tanggung jawab sosialnya terhadap masyarakat sekitar dimana tempat perusahaan tersebut berada. Hal ini disampaikan Assisten II Setda Kabupaten Musi Rawas, Syaiful Ibna ketika dikonfirmasi, Rabu (03/02/2016) di kantornya,

Menurut Syaiful Ibna memang sepantasnya perusahaan dapat membagi keuntungan dengan program CSR untuk masyarakat. “Untuk lebih terkoordinasi dan terprogram, maka sejak tahun 2012 kita membentuk Forum CSR yang diketuai PT Medco Energi.

Setidaknya forum ini harus mengadakan pertemuan atau rapat dua kali setahun untuk membahas mengenai kegiatan apa yang mesti dilakukan dari CSR ke masyarakat. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi tumpang tindih atau overlap dengan kegiatan APBN/APBD yang ada,” jelas Syaiful Ibna.

Syaiful Ibna tidak menampik bahwa memang sulit untuk mengarahkan anggota Forum CSR untuk segera membuat laporan atau koordinasi kegiatan CSR mereka. Demikian juga mengenai besaran atau persentase CSR dari keuntungan perusahaan tidak bisa ditentukan, karena sesuai kesanggupan.

“Besaran dana CSR masing-masing perusahaan belum dapat kita tentukan, dulu memang ada ketentuan sekitar 5% dari keuntungan untuk masyarakat berupa program untuk infrastruktur, pertanian maupun lainnya.

CSR sangat penting bagi pemerintah dan masyarakat karena dapat menunjang pembangunan, selain itu kepentingan perusahaan dengan masyarakat sekitar merupakan suatu kewajiban yang tidak bisa ditinggalkan,” kata Syaiful Ibna.

Pendekatan program CSR, lanjut Syaiful Ibna dengan melakukan pemetaan pendekatan wilayah hal ini melibatkan kepala wilayah yakni Camat maupun Kades. Bisa juga dengan pendekatan teknis melalui program langsung seperti infrastruktur, pertanian, perikanan maupun pemberdayaan. (fs/as)

 

Share This Post