Tingkatkan SDM SIK, Dinkes Kirim Pegawai untuk Diklat di Unsri

Tingkatkan SDM SIK, Dinkes Kirim Pegawai untuk Diklat di Unsri

MUSIRAWAS, Jurnalindependen.com – Untuk meningkatkan kualitas pengelolaan Sistem Informasi Kesehatan (SIK), maka perlu dilakukan pelatihan untuk meningkatkan SDM pegawai yang langsung dibina oleh perguruan tinggi yang telah ditunjuk dari Kemenkes, ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Musi Rawas, melalui Kasi Monitoring dan Evaluasi (Monev), Nasrul Bayumi kepada Jurnal Independen siang tadi, Rabu (22/10/2014) di kantornya.

“Kita sudah mengirimkan satu orang tenaga pengelola SIK ke Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang guna peningkatan SDM pegawai, penunjukan Unsri sebagai tempat pelatihan merupakan kerjasama Kemenkes RI kepada beberapa perguruan tinggi yang berkompeten dibeberapa wilayah di Indonesia,” jelas Nasrul.

Diharapkan, lanjut Nasrul, pegawai yang mengikuti pelatihan atau diklat nantinya dapat lebih berkualitas dan produktivitas dalam mengelola SIK di Dinkes Musi Rawas, apalagi masa pelatihan selama 3 bulan di Palembang.

Kemudian khusus yang dikelola Monev yang dilaporkan secara rutin bulanan dengan SIK meliputi LB1 tentang Penyakit, LB3 tentang Imunisasi, Gizi dan KIA. LB4 tentang laporan kunjungan masyarakat ke Puskesmas.

“Ditahun ini sampai dengan bulan Oktober, laporan secara rutin bulanan selalu dilaksanakan dengan SIK, selain itu juga ada laporan LAKIP, Profil Kesehatan juga ada LPPD,” tutup Nasrul. (fs)

Share This Post