Tuntaskan Masalah Perizinan, Suharto Patih : Perlu Koordinasi SKPD Terkait

Tuntaskan Masalah Perizinan, Suharto Patih : Perlu Koordinasi SKPD Terkait

MUSIRAWAS, Jurnalindependen.com — Perlu koordinasi SKPD terkait mengenai Perizinan, karena teknis bidang usaha hanya dikuasai instansi terkait, ungkap Kepala BAPPEDA, Suharto Patih terkait maraknya para pelaku usaha tanpa miliki izin di Kabupaten Musi Rawas.

Hal ini disampaikan Suharto Patih berkenaan dengan banyak pelaku usaha tanpa memiliki izin, maka dari itu perlu koordinasi SKPD terkait untuk saling bersinergi.

“Masing-masing SKPD terkait harus duduk bersama membahas masalah ini, harapan ini tentu ada di Assisten bidang terkait sebagai pembinanya,” kata Suharto Patih saat ditemui Senin (11/01/2016) dikantornya.

Bila pelaku usaha yang ada memiliki izin, lanjut Suharto Patih, tentu akan mudah dalam pendataan dan penagihan pajak, hal tersebut semakin nambah Pendapatan Asli Daerah (PAD), kita prihatin target PAD tahun ini tidak tercapai.

Diketahui, bahwa usaha Penangkaran Sarang Burung Walet (SBW), diperkirakan lebih dari 300-an tanpa izin baik IMB, HO, SIUPP maupun Izin Pengelolaan termasuk juga Izin Lingkungan namun diantaranya sudah ada sembilan yang bayar pajak.

Selain itu, pelaku usaha kolam ikan, diperkirakan lebih dari 800-an namun hanya 5 pengusaha kolam ikan yang memiliki izin. Belum lagi usaha-usaha yang lain, potensi PAD belum tergali di Kabupaten Musi Rawas. (fs)

Berita Terkait :

2016, BPMPT Mura Akan Tertibkan Bangunan Tanpa IMB

Share This Post